TIPS JERAWAT DAN CARA MENGATASINYA

Written By Aina cell on Friday, 9 November 2012 | 12:31:00

Jerawat atau disebut juga acne biasanya dimulai saat seseorang menginjak usia belasan tahun dimana kelenjar minyak pada tubuh mulai membuat lebih banyak minyak atau yang dikenal dengan sebun.Pada seseorang yang Jerawatan,jaringan kulit yang mati akan bercampur dengan esktra minyak yang diproduksi oleh tubuh dan menempel diatas folikel rambut kulit.Bakteri-bakteri dapat tumbuh pada folikel rambut sehingga menyebabkan iritasi kulit yang bertambah berat.

YANG MEMBUAT PARAH JERWAT
  •   Minyak bahan dasar makeup,minyak suntan,produk minyak rambut.
  •   Stress
  •   Perubahan hormon khususnya selama menstruasi
  •   Menekan atau mengkorek noda jerawat
  •   Menggosok-gosok dengan keras pada kulit yang jerawatan
DAN NON PENYEBAB JERWAT
  •   Kotoran [ lumpur,tanah ]
  •   Coklat atau kentang goreng
  •   Aktifitas seksual
  •   Masturbasi
Serta yang bisa kena jerwat pun bisa beragam dari :
  • Jenis kelamin - Lak-laki ataupun perempuan keduanya berpotensi terkena atau mendapatkan jerawat.Tapi pada pria kondisinya akan lebih buruk karena pria mempunyai lebih banyak produksi sebum atau minyak pada kulitnya.
  • Faktor Turunan - Keturunan juga turut memegang peranan terjadinya jerawat,jika ayah atau ibu mempunyai jerawat yang buruk kemungkinan akan diturunkan juga pada anaknya.
  • Kekebalan Tubuh - Beberapa orang sangat sensitif terhadap bakteri yang dapat terperangkap di dalam folikel rambut mereka.
  • Usia - Pada kebanyakan orang,jerawat akan menghilang pada usia 25 tahun,tetapi dapat berlanjut dengan baik dalam usia dewasa.
Adapun Produk-Produk yang ditawarkan begitu banyak untuk mengatasi masalah jerawat tersebut sebaiknya kalian konsultasikan pada Dokter Ahli yang terkait.
Untuk obat bagi penderita jerawat sebaiknya memakai  Benzoyl peroxide,resorcinol,salicylic acid dan sulfu.
Memang pada produk diatas menimbulkan beberapa efek samping seperti iritasi kulit,kulit kemerahan,terbakar.Konsultasikan dan bicarakan dengan dokter jika efek samping yang terjadi semakin parah dan tidak kunjung hilang. Ingatlah bahwa Pengobatan cara diatas memakan waktu sampai 8 minggu sebelum anda memperoleh catatan perkembangan yang baik dari kulit.Jika suatu produk yang tersedia ditoko-toko itu tidak terlihat membantu setelah 2 bulan, pergi ke dokter ahli untuk memperoleh advise dari dokter.
Ada juga resep dari dokter seperti Antibiotik
Dokter mungkin akan merekomendasikan beberapa antibiotik yang paling efektif untuk pengobatan jerawat yang dapat dikonsumsi secara oral atau lewat mulut atau langsung dioleskan pada kulit dalam bentuk gel,cream atau lotion.
Bisa juga Retinoid seperti tretinoin (nama dagang:Retin-A,Avita,Altinac cream) dan adapalene (nama dagang:Differin) biasanya digosokkan pada kulit sekali sehari,jangan sampai mengenai bagian mata,mulut atau daerah dibawah hidung anda.
Jika anda menggunakan retinoid,anda harus menghindari paparan sinar matahari,penggunaan sunscreen yang kuat karena obat jenis ini akan meningkatkan resiko anda untuk memperoleh paparan dan sinar yang sangat buruk.Pada wanita yang hamil atau sedang hamil sebaiknya jangan menggunakan obat golongan Retinoid yang disebut dengan tazarotene (Tazorac) karena dapat mengakibatkan cacat pada bayi.
 Pengobatan Jerawat kista berat (cystic acne/ jerawat kista)
Isotretinoin(Accutane) bisa digunakan untuk mengobati jerawat kista yang berat yang tidak kunjung membaik dengan jenis pengobatan yang lain.Isotretinoin berbentuk pil yang dikonsumsi lewat oral / mulut satu pil sehari selama 15-20 minggu.
 Pada wanita hamil dilarang mengkonsumsi obat ini,karena dapat menyebabkan efek samping yang serius seperti keguguran dan cacat pada bayi yang dilahirkan.
Jika seorang wanita dirasa perlu mengkonsumsi Isotretinoin,wanita tersebut harus menggunakan 2 jenis metode pencegah Kehamilan atau tidak melakukan hubungan sex yang dimulai dari 1 bulan sebelum wanita tersebut mengkonsumsi Isotretinoin dan tetap melakukan tindakan diatas 1 bulan setelah konsumsi obat dihentikan.Ada kemungkinan-kemungkinan timbul efek samping serius lain dapat terjadi,maka orang-orang yang menjalani pengobatan dengan Isotretinoin sebaiknya dipantau oleh dokter seketat mungkin dan sedekat mungkin.Apakah jerawat dapat menimbulkan bekas parut?
Jerawat,khusunya jerawat dengan kista dapat menyebabkan timbulnya bekas parut pada beberapa orang.Penderita dapat mengurangi timbulnya bekas parut dengan tidak mengkorek-korek atau menekan-nekan, menggosok-gosok pada cacat atau bekas jerawat.Jika pada penderita sudah terjadi bekas parut,jangan hawatir karena bekas parut dapat diobati. Demikianlah yang bisa saya share semoga bisa bergu bagi Kesehatan kita semua.

Ditulis Oleh : Aina cell ~Noey Lab|Tips Kesehatan dan Kumpulan Skripsi Terbaru

Noey Lab Anda sedang membaca artikel berjudul TIPS JERAWAT DAN CARA MENGATASINYA yang ditulis oleh Noey Lab|Tips Kesehatan dan Kumpulan Skripsi Terbaru yang berisi tentang : Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini kecuali sertakan link source dari blog ini.

Blog, Updated at: 12:31:00

7 komentar:

  1. hehehehe tips kecantikan nih.. sekaligus kesehatan

    ReplyDelete
  2. wah artikel kesehatnnya sangat bermanfaat. oh ya maksud dari non penyebab jerawat itu bagaimana ya bu?

    ReplyDelete
  3. Sangat bermanfaat. Kalo menurut saya sediaan retinoid (retinoic acid/Vit A) yang aman untuk ibu hamil adalah sediaan topikal

    ReplyDelete
  4. pasti akan sangat bermanfaat nih.. makasii iia tips nya ;)

    ReplyDelete
  5. Wah bisa d praktekin nech tipsnya.?

    ReplyDelete
  6. Blogwalking...
    Visit Back yaa gan :)
    http://ooops.sjutait.com

    ReplyDelete
  7. thanks informasi, info ini sangat saya butuhkan. salam

    ReplyDelete

Popular Posts