Arti Gerakan Dalam Sholat

Written By Unknown on Friday 2 September 2016 | 18:20:00

Makna Sholat
Keistimewaan Setiap Gerakan Dalam Sholat.
Apakah Arti dan Makna Setiap Gerakan Dalam Sholat? mungkin itu yang banyak kita pertanyakan dan kali ini saya akan coba jabarkan apa saja arti dari setiap gerakan dalam sholat tersebut berikut penjelasannya:

A. Niyyah atau Niat Sholat.
Niat adalah keputusan hati pernyataan dari alasan-alasan di balik perbuatan.Ia artinya berniat untuk mengatakan "yaa" kepada Allah SWT dengan melaksanakan perintah-perintah-Nya.

B. Takbir Iftitah atau Takbir Pembukaan.
 Dengan mengucapkan "Allahu Akbar" kita melemparkan seluruh urusan duniawi di belakang kita dengan tangan kita dan memohon perlindungan dalam kasih sayang Allah SWT.Ia untuk menegaskan bahwa Allah Maha Besar dengan mengucapkan takbir "Allahu Akbar".

 C. Qiyam atau Berdiri.
Dengan prinsip ini di dalam sholat manusia merepresentasikan para malaikat dan pepohonan yang senantiasa berdiri dan memuji Allah SWT.Qiyam adalah berdirinya manusia di hadapan Zat {SWT} Yang Maha Kekal dengan raga dan hatinya.Kepala yang tertunduk saat qiyam mencerminkan ketiadaan kesombongan dan kerendahan hati.

D. Qira'at atau Bacaan.
Qira'at adalah untuk mensyukuri kesempurnaan Allah yang tanpa cacat keindahan yang tidak dapat diserupai dan kasih sayang Allah yang tiada batas dengan mengucapkan Alhamdulillah.Juga Qira at menunjukkan bahwa segala perbuatan dapat terwujud dengan pertolongan Allah dan pujian hanya bagi Dia.Untuk terhubung dengan Zat Yang Maha Kekal {SWT} dengan mengucapkan: "Ya Tuhan Hanya kepada-Mu aku menyembah dan hanya kepada-Mu aku memohon pertolongan Iyyaka na budu wa iyyaka nasta in".

E. Ruku.
Dalam posisi ini manusia mewakili ibadahnya para malaikat yang menyembah Allah dalam posisi ini secara konsisten dan hewan-hewan yang selalu berdiri dalam rukunya di atas empat kaki mereka.Ruku artinya mengagungkan Kebesaran Sang Pencipta beserta seluruh alam semesta yang melihat kelemahan dan kemiskinan manusia.Dengan melafazkan Subhana Robbial Azim untuk berusaha menanamkan akarnya di dalam hati kita dan untuk mengangkat kepala kita dari ruku dengan harapan memperoleh rahmat Allah dengan cara mengulang-ulang kebesaran Allah SWT.

F. Sujud.
Dengan posisi ini manusia mewakili ibadahnya para malaikat yang secara terus menerus bersujud dan binatang melata yang nampaknya hampir selalu bersujud seumur hidupnya.Sujud adalah meninggalkan segala sesuatu selain dari pada Allah SWT dengan mengucapkan: "Subhanarobial A La" dengan kerendahan hati kepada Keindhan Allah asma Allah dan segala sifat-Nya.Seorang hamba menjadi paling dekat dengan Tuhannya ketika bersujud maka perbanyaklah doa dalam sujud.

G. Qa'da atau Duduk.
Dengan posisi ini manusia mewakili ibadahnya para malaikat yang menyembah-Nya sambil duduk dan juga gunung-gunung bebatuan juga.Nampak dalam bentuk yang sedang duduk manusia menegaskan bahwa segala sesuatu yang dia miliki sebenarnya adalah milik Allah.
Dengan mengucapkan tahiyyat Dia memperbarui imannya dengan mengucapkan dua kalimat syahadat "Tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya".Di dalam sholat semacam Mi'raj bagi orang beriman tasyahud adalah mengingat percakapan antara Nabi Muhammad SAW dengan Allah SWT pada saat Mi'raj.

Dan satu lagi Keistimewaan Gerakan Dalam Sholat untuk Kesehatan adalah: Terdapat lebih 600 otot di dalam tubuh kita yang beberapa mengalami perengangan pergerakan dan pengenduran semasa gerakan sholat.
Sedangkan untuk mengetahui kesalahan dalam sholat silahkan kalian baca artikel saya yang terdahulu mengenai: Beberapa Kesalahan Dalam Shalat atau Kumpulan Do'a Nisfhu Sya'ban atau bisa juga bagi kalian yang ingin mengetahui cara tidurnya junjungan kita Rasullullah kalian bisa baca pada artikel saya tentang Tata Cara Tidurnya Rasullulah SAW.

Nah demikianlah yang bisa saya share kali ini moga saja bisa bermanfaat dan berguna serta terima kasih sekali bagi yang sudah singgah serta membaca artikel saya tentang Arti Gerakan Dalam Sholat.

Ditulis Oleh : Unknown ~Noey Lab|Tips Kesehatan dan Kumpulan Skripsi Terbaru

Noey Lab Anda sedang membaca artikel berjudul Arti Gerakan Dalam Sholat yang ditulis oleh Noey Lab|Tips Kesehatan dan Kumpulan Skripsi Terbaru yang berisi tentang :Arti Gerakan Dalam Sholat,Keistimewaan Gerakan Dalam Sholat,Makna Gerakan Dalam Sholat.Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini kecuali sertakan link source dari blog ini.

Blog, Updated at: 18:20:00

Popular Posts