Mandi Menurut Syari'at Islam

Written By Unknown on Sunday 4 June 2017 | 00:55:00

Mandi Menurut Syari'at Islam
Mandi Menurut Syari'at Islam -Dalam kehidupan sehari-hari kita di wajibkan untuk selalu bersih dalam arti bersih secara lahir mau pun bathin dan itu diwajibkan oleh agama mana pun di dunia ini termasuk Agama Islam yang sangat menyukai kebersihan.

Mandi menurut hukum Islam adalah sesuatu yang harus dilakukan baik menjelang sholat mau pun sesudah bekerja seharian.Yang gunanya agar kita selalu nampak segar serta sehat berikut penjelasan selengkapnya.

Niat mandi besar atau mandi jinabat itu seperti niat niat dalam ibadah yang lain yaitu di dalam hati adapun kalimat dan arti.

Doa Niat Mandi Wajib.
Niatnya adalah sebagai berikut yang di kelompkan dalam tiga bahagian:
A. Jika mandi besar disebabkan junub Mimpi basah keluar mani senggama maka niat mandi besarnya adalah: BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITUL GHUSLA LIRAF'IL HADATSIL AKBAR MINAL JANABATI FARDLON LILLAHI TA'ALA .
Artiya: Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari jinabah fardlu karena Allah Ta'ala.

B. Jika mandi besarnya disebabkan karena haid maka niat mandi besarnya adalah: BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITUL GHUSLA LIRAF'IL HADATSIL AKBAR MINAL HAIDI FARDLON LILLAHI TA'ALA.
Artinya: Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari haidl fardlu karena Allah Ta ala. 

C. Jika mandi besarnya disebabab karena nifas maka niyat mandi besarnya adalah: BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITU GHUSLA LIRAFIL HADATSIL AKBAR MINAN NIFASI FARDLON LILLAHI TAALA.
Artinya: Dengan menyebut nama Allah Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari nifas fardlu karena Allah Ta ala. 
Mandi Wajib Mandi Junub Menurut Syari'at Islam.
Dan untuk urutan tata cara mandi wajib yang benar menurut Islam adalah sebagai berikut:

A. Dimulai dengan niat untuk menghilangkan hadas besar Mulailah segala sesuatu hal dengan niat.Bisa bahasa Arab atau bahasa Indonesia saja.

B. Membersihkan telapak tangan sebanyak 3x lalu bercebok.Membersihkan kemaluan serta kotoran yang ada disekitarnya hingga bersih dengan tangan kiri.

C. Mencuci tangan setelah membersihkan kemaluan dengan menggosokkan tangan ke tanah atau        dengan menggunakan sabun.

D. Berwudhu dengan wudhu yang sempurna seperti ketika hendak shalat.

E. Mengguyur air pada kepala sebanyak 3 kali hingga sampai ke pangkal rambut.

F. Mencuci kepala bagian kanan lalu kepala bagian kiri.

G. Menyela nyela atau menyilang nyilang rambut dengan jari.

H. Mengguyur air pada seluruh badan dimulai dari sisi yang kanan lalu kiri.

Sudah jelaskan kan bagaimana tata cara mandi wajib yang benar? Jadi jangan salah lagi urutannya.
Disunnahkan untuk melaksanakan mandi besar junub jinabat itu dengan tertib seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa aalihi wasallam.

Riwayat Oleh Sheikh Abu Bakar Jabir Al-Jazairiy:
Mandi wajib dimulai dengan mengucapkan bismillah dan berniat untuk menghilangkan hadast besar Membersihkan kedua telapak tangannya tiga kali kemudian bercebok.
Membersihkan kemaluannya dan kotoran yang ada di sekitarnya.
Berwudhu seperti halnya orang yang berwudhu hendak shalat kecuali kedua kakinya.
Namun boleh membersikan kedua kakinya ketika berwudhu atau mengakhirkannya sampa selesai mandi.
Mencelupkan kedua telapak tangannya ke dalam air lalu menyela nyela pangkal rambut kepalanya dengan kedua telapak tangannya itu kemudian membersihkan kepalanya dan kedua telinganya tiga kali dengan tiga cidukan.
Menyela pangkal rambut hanya khusus bagi laki laki.

Bagi perempuan cukup dengan mengguyurkan pada kepalanya tiga kali guyuran dan menggosoknya tapi jangan mengurai membuka rambutnya yang dikepang karena ada hadist yang diriwayatkan oleh At.Tirmidzi dari Ummu Salamah yang bertanya kepada Rasulullah.Aku bertanya: Wahai Rasulullah Sesungguhnya aku ini perempuan yang sangat kuat jalinan rambut kepalanya apakah aku boleh mengurainya ketika mandi junub atau mandi besar.Maka Rasulullah menjawab:Jangan sebetulnya cukup bagimu mengguyurkan air pada kepalamu tiga kali guyuran.Mengguyur tubuhnya yang sebelah kanan dengan air membersihkannya dari atas sampai ke bawah kemudian bagian yang kiri seperti itu juga berturut turut sambil membersihkan bagian bagian yang tersembunyi pusar bawah ketiak lutut dan lainnya.
Dari Ali bin Abi Thalib bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa aalihi wasallam telah bersabda:
Barangsiapa yang meningggalkan bagian tubuh yang harus dialiri air dalam mandi janabat walaupun satu rambut untuk tidak dibasuh dengan air mandi itu maka akan diperlakukan kepadanya demikian dan demikian dari api neraka.

HR Abu Dawud: Seorang Wanita Tidak Harus Melepas Jalinan atau Kepangan Rambutnya cara mandi wajib Ya Rasulullah aku adalah wanita yang SANGAT KUAT kepangan/jalinan rambutku apakah aku harus melepaskannya saat mandi janabah.Beliau menjawab: Tidak perlu namun cukup bagimu untuk menuangkan air tiga tuangan ke atas kepalamu kemudian engkau curahkan air ke tubuhmu maka engkau suci.HR Muslim no.330.

Boleh Mandi Hanya Sekali Setelah Menjimai Beberapa Istri.
Anas bin Malik radiyallahu anhu berkata:Adalah Nabi shallahu alaihi wa sallam mengelilingi istri istrinya menjimai mereka secara bergantian pent dengan satu kali mandi.HR.Muslim no.706 dan mandinya disini dilakukan ketika selesai jima yang akhir.

Nah demikianlah Mandi Menurut Syari'at Islam.
Sumber: Kementrian Agama Republik Indonesia.

Ditulis Oleh : Unknown ~Noey Lab|Tips Kesehatan dan Kumpulan Skripsi Terbaru

Noey Lab Anda sedang membaca artikel berjudul Mandi Menurut Syari'at Islam yang ditulis oleh Noey Lab|Tips Kesehatan dan Kumpulan Skripsi Terbaru yang berisi tentang :Mandi Menurut Syari'at Islam,Bacaan Mandi Wajib,Tata Cara Mandi,Doa Mandi Wajib.Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini kecuali sertakan link source dari blog ini.

Blog, Updated at: 00:55:00

10 komentar:

  1. Dengan mandi yang benar sesuai tuntunan Alquran dan hadist,selain mandinya bersih secara lahiriyah juga sesuai dengan tuntutan bathiniyah.

    ReplyDelete
  2. Tq atas perkongsian. Amat berguna

    ReplyDelete
  3. sangat berguna sobat. thanks :)

    ReplyDelete
  4. F*a*n*s*B*E*T*T*I*N*G agen nya game bola online teraman..
    Add yuk 5EE80AFE :)

    ReplyDelete
  5. yuk..., segera bergabung dengan kami di updatebetting
    add pin aku ya 7.A.C.D.8.5.6.0

    ReplyDelete
  6. bingung mau ngapain
    mari bergabung dengan kami difans poker

    ReplyDelete

  7. mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.

    ReplyDelete
  8. AYO Bergabung Bersama AJOQQ | Menawarkan Berbagai Jenis Permainan Menarik.
    1 ID untuk 8 Permainan Poker, Domino, Capsa Susun, BandarQ, AduQ, Bandar Poker, Sakong, Bandar66 ( NEW GAME!! )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    - Bonus Cashback 0.3%. Dibagikan Setiap hari SENIN
    - Bonus referral 20% SELAMANYA
    - Minimal Deposit dan Withdraw hanya 15 rb Proses Aman & cepat
    - 100% murni Player vs Player ( NO ROBOT )
    Pin BB: 58cd292c
    website : www.ajoqq.org

    ReplyDelete
  9. Jasa aqiqah bekasi https://permataaqiqah.id/

    ReplyDelete

Popular Posts